Ayat Yang Terdahulu Menasakh Ayat Yang Belakangan
Syaikh Asy Syanqithiy rahimahullah berkata dalam kitabnya Difaa' Al Ihaam hal 35 ( Maktabah Syamillah ) :
قوله تعالى: والذين يتوفون منكم ويذرون أزواجا يتربصن بأنفسهن أربعة أشهر وعشرا.
هذه الآية يظهر تعارضها مع قوله تعالى: والذين يتوفون منكم ويذرون أزواجا وصية لأزواجهم متاعا إلى الحول غير إخراج [2 240] ، والجواب ظاهر وهو أن الأولى ناسخة لهذه، وإن كانت قبلها في المصحف لأنها متأخرة عنها في النزول، وليس في القرآن آية هي الأولى في المصحف وهي ناسخة لآية بعدها فيه إلا في موضعين: أحدهما هذا الموضع، الثاني آية: يا أيها النبي إنا أحللنا لك أزواجك [33 50] ، هي الأولى في المصحف وهي ناسخة لقوله: لا يحل لك النساء من بعد الآية [33 52] ، لأنها وإن تقدمت في المصحف فهي متأخرة في النزول، وهذا على القول بالنسخ ويأتي إن شاء الله تحرير المقام في سورة «الأحزاب» .
===
Allah Ta'ala berfirman :
والذين يتوفون منكم ويذرون أزواجا يتربصن بأنفسهن أربعة أشهر وعشر
Orang-orang yang meninggal dunia di antaramu dengan meninggalkan isteri-isteri (hendaklah para isteri itu) menangguhkan dirinya (ber'iddah) empat bulan sepuluh hari....( QS Al Baqarah 234 )
ayat ini secara dhahirnya bertentangan dengan firman Allah Ta'ala :
والذين يتوفون منكم ويذرون أزواجا وصية لأزواجهم متاعا إلى الحول غير إخراج
. Dan orang-orang yang akan meninggal dunia di antara kamu dan meninggalkan isteri, hendaklah berwasiat untuk isteri-isterinya, (yaitu) diberi nafkah hingga setahun lamanya dan tidak disuruh pindah (dari rumahnya)....( QS Al Baqarah : 240 )
Jawabannya : yang tampak bahwasanya ayat yang pertama ( QS Al Baqarah 234 ) merupakan naasakh terhadap ayat ini, walaupun ayat ini lebih dahulu didalam mushaf namun turunnya belakangan, dan ayat yang ini ( mansukh ) lebih akhir dibanding dengannya dalam urutan turunnya.
Dan tidak ada didalam Al Qur-an ayat yang lebih dahulu menasaakh ayat yang datangnya kemudian melainkan pada dua tempat, yang pertama adalah ini, dan yang kedua adalah firman Allah Ta'ala :
يا أيها النبي إنا أحللنا لك أزواجك
Hai Nabi, sesungguhnya Kami telah menghalalkan bagimu isteri- isterimu yang telah kamu berikan mas kawinnya ...( QS Al Ahzab : 50 )
ayat ini lebih dahulu didalam mushaf dan menjadi nasaakh untuk ayat yang belakangan yaitu :
لا يحل لك النساء من بعد
Tidak halal bagimu mengawini perempuan-perempuan sesudah itu ...( QS Al Ahzab : 52 )
Karena walaupun ayat tersebut berada lebih dahulu pada mushaf namun turunnya lebih belakangan dari yang lain, dan inilah ucapan tentang nasaakh nya, dan akan datang penjelasannya nanti pada surat Al Ahzab...
====
semoga bermanfaat....
Syaikh Asy Syanqithiy rahimahullah berkata dalam kitabnya Difaa' Al Ihaam hal 35 ( Maktabah Syamillah ) :
قوله تعالى: والذين يتوفون منكم ويذرون أزواجا يتربصن بأنفسهن أربعة أشهر وعشرا.
هذه الآية يظهر تعارضها مع قوله تعالى: والذين يتوفون منكم ويذرون أزواجا وصية لأزواجهم متاعا إلى الحول غير إخراج [2 240] ، والجواب ظاهر وهو أن الأولى ناسخة لهذه، وإن كانت قبلها في المصحف لأنها متأخرة عنها في النزول، وليس في القرآن آية هي الأولى في المصحف وهي ناسخة لآية بعدها فيه إلا في موضعين: أحدهما هذا الموضع، الثاني آية: يا أيها النبي إنا أحللنا لك أزواجك [33 50] ، هي الأولى في المصحف وهي ناسخة لقوله: لا يحل لك النساء من بعد الآية [33 52] ، لأنها وإن تقدمت في المصحف فهي متأخرة في النزول، وهذا على القول بالنسخ ويأتي إن شاء الله تحرير المقام في سورة «الأحزاب» .
===
Allah Ta'ala berfirman :
والذين يتوفون منكم ويذرون أزواجا يتربصن بأنفسهن أربعة أشهر وعشر
Orang-orang yang meninggal dunia di antaramu dengan meninggalkan isteri-isteri (hendaklah para isteri itu) menangguhkan dirinya (ber'iddah) empat bulan sepuluh hari....( QS Al Baqarah 234 )
ayat ini secara dhahirnya bertentangan dengan firman Allah Ta'ala :
والذين يتوفون منكم ويذرون أزواجا وصية لأزواجهم متاعا إلى الحول غير إخراج
. Dan orang-orang yang akan meninggal dunia di antara kamu dan meninggalkan isteri, hendaklah berwasiat untuk isteri-isterinya, (yaitu) diberi nafkah hingga setahun lamanya dan tidak disuruh pindah (dari rumahnya)....( QS Al Baqarah : 240 )
Jawabannya : yang tampak bahwasanya ayat yang pertama ( QS Al Baqarah 234 ) merupakan naasakh terhadap ayat ini, walaupun ayat ini lebih dahulu didalam mushaf namun turunnya belakangan, dan ayat yang ini ( mansukh ) lebih akhir dibanding dengannya dalam urutan turunnya.
Dan tidak ada didalam Al Qur-an ayat yang lebih dahulu menasaakh ayat yang datangnya kemudian melainkan pada dua tempat, yang pertama adalah ini, dan yang kedua adalah firman Allah Ta'ala :
يا أيها النبي إنا أحللنا لك أزواجك
Hai Nabi, sesungguhnya Kami telah menghalalkan bagimu isteri- isterimu yang telah kamu berikan mas kawinnya ...( QS Al Ahzab : 50 )
ayat ini lebih dahulu didalam mushaf dan menjadi nasaakh untuk ayat yang belakangan yaitu :
لا يحل لك النساء من بعد
Tidak halal bagimu mengawini perempuan-perempuan sesudah itu ...( QS Al Ahzab : 52 )
Karena walaupun ayat tersebut berada lebih dahulu pada mushaf namun turunnya lebih belakangan dari yang lain, dan inilah ucapan tentang nasaakh nya, dan akan datang penjelasannya nanti pada surat Al Ahzab...
====
semoga bermanfaat....
0 komentar:
Post a Comment