Oleh : Abu Asma Andre
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
إن الحمد لله نحمده ونستعينه ونستغفره ونعوذ بالله من شرور أنفسنا ومن سيئات أعمالنا من يهده الله فلا مضل له ومن يضلل فلا هادي له وأشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له ، وأشهد أن محمداً عبده ورسوله.
يَا أَيُّهَا الّذِينَ آمَنُواْ اتّقُواْ اللّهَ حَقّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوتُنّ إِلاّ وَأَنْتُمْ مّسْلِمُونَ
يَآ أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوْا رَبَّكُمُ الَّذِيْ خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالاً كَثِيْراً وَنِسَآءً وَاتَّقُوْا اللَّهَ الَّذِيْ تَسَآءَلُونَ بِهِ وَالأَرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيْباً
يَا أَيُّهَا الّذِينَ آمَنُواْ اتّقُواْ اللّهَ وَقُولُواْ قَوْلاً سَدِيداً . يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَن يُطِعِ اللّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزاً عَظِيماًً
أما بعد: فإن أصدق الكلام كلام الله وخير الهدي هدي محمد وشر الأمور محدثاتها وكل محدثة بدعة وكل بدعة ضلالة وكل ضلالة في النار.
Pendahuluan :
Terdapat sebuah riwayat dengan lafadz
أَيُّمَا امْرَأَةٍ مَاتَتْ وَزَوْجُهَا عَنْهَا رَاضٍ دَخَلَتْ الْجَنَّةَ
" Wanita manapun yang meninggal dan suaminya dalam keadaan ridha (kepadanya), niscaya dia masuk surga."
Riwayat ini menyebar dilisan - lisan manusia dan disebutkan ketika menjelaskan tentang keutamaan wanita shalihah, dengan sebab itu diterjemahkanlah sebuah tulisan ringkas berkaitan dengan status riwayat ini.
Bagian Pertama : Nash riwayat
Dari Ummu Salamah radhiallahu anha berkata : bersabda Rasulullah shalallau alaihi wa sallam :
أَيُّمَا امْرَأَةٍ مَاتَتْ وَزَوْجُهَا عَنْهَا رَاضٍ دَخَلَتْ الْجَنَّةَ
" Wanita manapun yang meninggal dan suaminya dalam keadaan ridha (kepadanya), niscaya dia masuk surga."
Bagian Kedua : Takhrij riwayat
Dikeluarkan oleh:
1. Al Imam At Tirmidzi no 1161
2. Al Imam Ibnu Majah no 1854
3. Al Imam Al Hakim dalam Mustadrak no 7328
4. Al Imam Ath Thabrani dalam Al Kabir 23/374 no 884
5. Al Imam Abu Ya'la dalam Musnad 12/331 no 6903
6. Al Imam Al Baihaqi dalam Syuabul Iman 6/421 no 8744
7. Al Imam Abdullah bin Humaid dalam Musnad hal 445 no 1541
8. Al Imam Ibnu Abi Syaibah dalam Mushanaf 3/557 no 17123
9. Al Imam Ibnu Abi Dunya dalam Al 'Iyaal 2/725 no 532
Semua imam tersebut mengeluarkan riwayat ini dari Muhammad bin Fudhail dari Abi Nashr Abdullah bin Abdirrahman Adh Dhabi'i dari Musaawir Al Himyarii dari ibunya yang berkata : Saya mendengar Ummu Salamah radhiallahu anha berkata : ....( al hadits )
Al Imam Ibnu Abi Syaibah rahimahullah mengeluarkan riwayat ini secara menyendiri didalam Mushanafnya dari Musaawir Al Himyarii dari ayahnya, dan kemungkinan yang terjadi hal ini adalah kekeliruan sebagian rawi atau salah dalam cetakan, dikarenakan yang shahih dari Musaawir Al Himyarii dari ibunya, sebagaimana hal ini menjadi jelas dikarenakan Al Imam Ibnu Majah meriwayatkan hadits serupa dari jalan Ibnu Abi Syaibah dan didalamnya disebutkan dari Musaawir dari ibunya, dan seperti ini juga dalam riwayat Al Imam Ath Thabrani rahimahullah.
Dan 'illat dalam riwayat ini adalah majhulnya Musaawir Al Himyarii dan ibunya, berikut ucapan para imam ahli hadits terkait jarh terhadap mereka berdua :
1. Berkata Al Imam Adz Dzahabi rahimahullah dalam Mizanul Itidal 6/404 no 8453 :
مساور الحميري عن أمه عن أم سلمة فيه جهالة والخبر منكر رواه عنه أبو نصر عبدالله الضبي
" Musaawir Al Himyarii dari ibunya dari Ummu Salamah didalamnya ada jahalah, dan khabar ini munkar, diriwayatkan darinya Abu Nashr Abdullah bin Adh Dhabi'i.
Begitu juga yang dikatakan oleh Al Imam Adz Dzahabi didalam Al Mughni Ad Dhu'afaa 2/653 no 6182, dan lihat juga Mizanul Itidal 7/481 no 11058.
2. Al Hafidz Ibnu Hajar Al Asqalani rahimahullah berkata dalam kitabnya Lisanul Mizaan 7/383 no 4811 :
مساور الحميري عن أمه وعنه أبو نصر عبد الله بن عبد الرحمن الضبي مجهول
" Musaawir Al Himyarii dari ibunya dan darinya Abu Nashr Abdullah Adh Dhabi'i majhul.
Dalam At Taqrib no 6587 : " Musaawir Al Himyarii : Majhul."
3. Al Imam Ibnul Jauzi rahimahullah berkata dalam Al 'Illal 2/630 riwayat no 1039 :
مساور مجهول وأمه مجهولة
" Musaawir majhul dan ibunya majhulah."
4. Asy Syaikh Al Albani rahimahullah berkata didalam Silsilah Adh Dhaifah no 1426 :
إن مساوراً هذا وأمه مجهولان
" Musaawir dan ibunya dua orang yang majhul."
Bagian Ketiga : Penghukuman ulama terhadap riwayat ini.
1. Al Imam Adz Dzahabi rahimahullah dalam Mizanul Itidal 6/404 : " Munkar."
2. Al Imam Ibnul Jauzi rahimahullah dalam Al Illal 2/630 no 1930.
3. Syaikh Al Albani rahimahullah dalam Silsilah Adh Dhaifah no 1426 :
وبالجملة فالحديث منكر لا يصح لجهالة الأم والولد
" Secara keseluruhan hadits ini munkar dan tidak shahih dengan sebab majhulnya ibu dan anak."
Penutup :
Sehingga dengan memperhatikan apa yang telah disebutkan diatas, menjadi jelaslah bahwa riwayat tersebut dihukumi sebagai munkar oleh para ulama dengan sebab majhulnya Musaawir Al Himyarii dan ibunya, wallahu 'alam.
Akan tetapi sebagai peringatan bahwa ketika kita jumpai riwayat ini adalah munkar tidaklah berarti seorang istri tidak berusaha mencari ridha suami dalam perkara yang diidzinkan oleh syari'at, dalil dalam masalah ini cukuplah banyak.
Abu Asma Andre
Ciangsana - Cileungsi - Depok
3 Dzulqadah 1433 H
سبحانك اللهم وبحمدك اشهد أن لا إله إلا أنت أستغفرك وأتوب إليك
Sumber : Catatan Ust, Abu Asma Andre.
0 komentar:
Post a Comment