Alkitab yang dipakai oleh umat
Kritstiani dewasa ini, tidak mencantumkan nama-nama penulisnya. Jika kita lihat
dalam Alkitab Penuntun Hidup Berkelimpahan terbitan Gandum Mas Malang cet. I
tahun 1994 dan ke 2 tahun 1996 yang dicetak Lembaga Alkitab Indonesia, disitu
tertulis jelas nama-nama penulis Alkitab, tahun berapa ditulis dan lain-lain.
Kami kutip apa adanya sebagai berikut :
PERJANJIAN LAMA
No.
|
Nama
Kitab
|
Penulis
|
Tahun
|
1
|
Kejadian
|
Musa
|
1445 – 1405 SM
|
2
|
Keluaran
|
Musa
|
1445 – 1405 SM
|
3
|
Imamat
|
Musa
|
1445 – 1405 SM
|
4
|
Bilangan
|
Musa
|
1405 SM
|
5
|
Ulangan
|
Musa
|
1405 SM
|
6
|
Yosua
|
Yosua
|
Abad 14 SM
|
7
|
Hakim
|
?????
|
1050 – 1000 SM
|
8
|
Ruth
|
?????
|
Abad ke 10 SM
|
9
|
1 Samuel
|
?????
|
Ahir abad 10 SM
|
10
|
2 Samuel
|
?????
|
Ahir abad 10 SM
|
11
|
1 Raja-Raja
|
?????
|
560 – 550 SM
|
12
|
2 Raja-Raja
|
?????
|
560 – 550 SM
|
13
|
1 Tawarikh
|
Ezra / ?
|
450 – 420 SM
|
14
|
2 Tawarikh
|
Ezra / ?
|
450 – 420 SM
|
15
|
Ezra
|
Ezra
|
450 – 420 SM
|
16
|
Nehemia
|
Ezra / Nehemia ?
|
430 – 420 SM
|
17
|
Ester
|
?????
|
460 – 400 SM
|
18
|
Ayub
|
?????
|
?????
|
19
|
Mazmur
|
Daud + ?
|
Abad 10 – 5 SM
|
20
|
Amsal
|
Salomo + ?
|
70 – 700 SM
|
21
|
Pengkotbah
|
Salomo ?
|
935 SM
|
22
|
Kidung 2
|
Salomo ?
|
960 SM
|
23
|
Yesaya
|
Yesaya
|
700 – 680 SM
|
24
|
Yeremia
|
Yeremia
|
586 – 585 SM
|
25
|
Ratapan
|
Yeremia
|
586 – 585 SM
|
26
|
Yehezkiel
|
Yehezkiel
|
590 – 570 SM
|
27
|
Daniel
|
Daniel ?
|
536 – 530 SM
|
28
|
Hosea
|
Hosea
|
835 – 850 SM
|
29
|
Yoel
|
||
30
|
Amos
|
Amos
|
760 – 755 SM
|
31
|
Obaja
|
Obaja
|
840 SM
|
32
|
Yunus
|
Yunus
|
760 SM
|
33
|
Mikha
|
Mikha
|
740 – 710 SM
|
34
|
Nahum
|
Nahum
|
630 – 620 SM
|
35
|
Habakuk
|
Habakuk
|
606 SM
|
36
|
Zefanya
|
Zefanya
|
630 SM
|
37
|
Hagai
|
Hagai
|
520 SM
|
38
|
Zakharia
|
Zakharia
|
520 – 470 SM
|
39
|
Maleakhi
|
Maleakhi ?
|
430 – 420 SM
|
Dari 39 Kitab Perjanjian Lama tersebut, kalau
dihitung, terdapat sekitar 9 Kitab yang tertulis “tidak diketahui siapa
penulisnya” dan ada 4 Kitab lagi yang sebagian tidak jelas sumbernya. Sekarang bagaimana dengan Perjanjian Baru?
Perhatikan nama-nama Kitab dan Surat
dalam Perjanjian Baru berikut ini,
PERJANJIAN BARU
No
|
Nama
Kitab
|
Penulis
|
Tahun
|
1
|
Injil Matius
|
Matius
|
60-an M
|
2
|
Injil Markus
|
Markus
|
55 – 65 M
|
3
|
Injil Lukas
|
Lukas
|
60 – 63 M
|
4
|
Injil Yohanes
|
Yohanes
|
80 – 95 M
|
5
|
Kisah Rasul
|
Lukas ?
|
63 M
|
6
|
Roma
|
Paulus ?
|
57 M
|
7
|
1 Korintus
|
Paulus
|
55 – 56 M
|
8
|
2 Korintus
|
Paulus
|
55 – 56 M
|
9
|
Galatia
|
Paulus ?
|
49 M
|
10
|
Efesus
|
Paulus ?
|
62 M
|
11
|
Filipi
|
Paulus ?
|
62 - 63 M
|
12
|
Kolose
|
Paulus ?
|
62 M
|
13
|
1 Tesalonika
|
Paulus ?
|
51 M
|
14
|
2 Tesalonika
|
Paulus ?
|
51 – 52 M
|
15
|
1 Timotius
|
Paulus ?
|
65 M
|
16
|
2 Timotius
|
Paulus ?
|
67 M
|
17
|
Titus
|
Paulus ?
|
65 – 66 M
|
18
|
Filemon
|
Paulus ?
|
62 M
|
19
|
Ibrani
|
?????
|
67- 69 ? M
|
20
|
Yakobus
|
Yakobus
|
45 – 49 M
|
21
|
1 Petrus
|
Petrus
|
60 – 63 M
|
22
|
2 Petrus
|
Petrus
|
66 – 68 M
|
23
|
1 Yohanes
|
Yohanes
|
85 – 95 M
|
24
|
2 Yohanes
|
Yohanes
|
85 – 95 M
|
25
|
3 Yohanes
|
Yohanes
|
85 – 95 M
|
26
|
yudas
|
Yudas
|
70 – 80 M
|
27
|
Wahyu
|
Yohanes
|
90 – 96 M
|
Dari 27 (dua puluh tujuh) kitab
Perjanjian Baru tersebut, yang diberi tanda tanya (???) adalah Kitab Ibrani.
Tertulis dengan jelas dalam Alkitab Penuntun Hidup Berkelimpahan penerbit
Gandum Mas yang dicetak oleh Lembaga Alkitab Indonesia (LAI) tahun 1994 dan
1996, disitu dijelaskan bahwa kitab tersebut tidak diketahui siapa penulisnya
dan tidak diketahui kepada siapa kitab tersebut dialamatkan. Pada abad ke 5
Masehi, tersebar sebagian pendapat bahwa itu adalah tulisan Paulus, tapi
sebagian yang berpandangan konservatif berpendapat tidak mungkin kalau Paulus
yang menulis surat tersebut, karena gaya bahasa yang halus bukan merupakan
gayanya Paulus.
Setalah kita melihat sedikit tentang
sejarah penulisan Alkitab/Bible diatas, maka langsung saja kita bandingkan
manakah yang lebih ilmiah, AlKitab ataukah Hadits ?? kita kali ini akan
membandingkan Alkitab dengan disiplin ilmu-ilmu hadits. Disiplin ilmu-ilmu
hadits disusun untuk membedakan apakah hadits itu benar sehingga dapat diterima
atau hadits itu palsu sehingga harus ditinggalkan. Maka dari itu kita coba
sedikit menulusuri Alkitab dengan disiplin ilmu hadist. Apakah Alkitab dapat
diterima sebagai hujjah/dalil dalam beragama.?? Kita simak rincian berikut ini.
1.
ILMU RIJALUL HADITS yaitu ilmu
yang diketahui dengannya keadaan setiap perawi (orang yang meriwayatkan), dari
segi kelahirannya, wafatnya, guru-gurunya, orang yang meriwayatkan darinya,
negerinya, dan ada hubungannya dengan sejarah dan keadaan mereka. Apakah Bible
lolos dari test pertama ini ?? jawabannya tidak, karena para periwayat yang
menyampaikan ayat-ayat Alkitab/Bible ini tidaklah diketahui keadaanya. Apakah
ia seorang yang jujur ataukah pendusta. Bahkan pada beberapa kitab yang ada
didalam bible tidak diketahui siapa penulisnya. Jadilah bible TIDAK LOLOS dalam
test pertama ini.
2.
ILMU JARH WA TA’DIL yaitu ilmu
yang menerangkan cacat perangai orang yang meriwayatkan dan memandang lurus
perangai orang yang meriwayatkan tersebut dengan kata-kata khusus untuk
menerima atau menolak riwayat mereka. Apakah Bible lolos dari test kedua ini ??
jawabannya tidak, karena tidak ada sedikit pun seseorang yang mengetahui
kondisi orang yang meriwayatkan ayat-ayat Alkitab tersebut. Apakah dia seorang
pembohong, munafik, orang yang suka merubah ayat atau pun yang lainnya. Bahkan
kita ketahui bersama bahwa periwayat ayat-ayat Alkitab tidak diketahui siapakah
orangnya. Maka dari itu bible TIDAK LOLOS dari test kedua ini.
3.
ILMU ‘ILAL HADITS yaitu ilmu
yang menerangkan sebab-sebab tersembunyi yang dapat merusak hadits. Apakah
Bible lolos dari test ketiga ini ?? jawabnya tetap tidak, karena kita tidak
pernah tahu apakah jalur peiwayatan ayat-ayat Alkitab terus bersambung ditangan
orang-orang yang jujur ataukah tidak. Oleh sebab itu bible tetap TIDAK LOLOS
dalam test ketiga ini.
4.
ILMU MUSTHALAH HADITS yaitu
ilmu tentang dasar dan kaidah yang dengannya dapat diketahui sanad (jalur
periwayatan) dan matan (redaksi) dari segi diterima atau ditolaknya suatu
riwayat. Karena dari ketiga test diatas bible tidak lolos satu pun maka sudah
dapat di pastikan bahwa ayat-ayat bible adalah riwayat yang tertolak dan tidak
dapat dijadikan dalil dalam beragama terkhusus lagi bagi orang-orang Kristen.
Dan inilah sisi keilmiahan Alkitab milik anda wahai orang-orang
Kristen, yaitu sangat rapuh, bahkan dari sarang laba-laba. Serta Alkitab
seperti itu tidaklah pantas di klaim sebagai kitab suci atau firman Tuhan. Dan
inilah yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Sekian dari saya..
Wallahu A’lam.
Surabaya, 26
dzulhijjah 1433 H / 11 November 2012.. Pukul 22.17 WIB
Tukang bangunan, cari ilmu, dunia akherat.
[_[ MAKTABAH MUDAKU ]_]
Sumber :
1. Kitab Mubahtsu Fi Ulum Al
Hadits karya Syaikh Manna’ Al Qaththan.
2. Buku Mana Yang Bisa
Dipercaya ? Alkitab atau Al Qur’an ?? karya H. Insan LS Mokoginta.
0 komentar:
Post a Comment